Rapat Kerja Perdana Wali Dan Wawali Ingatkan ASN Kerja Baik – Baik

TOMOHON, Nusantarainfo – Hari pertama melaksanakan tugas di Kantor sebagai Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH langsung memimpin rapat perdana bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon yang dilaksanakan dilantai III Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran Senin, 1 Maret 2021.

Walikota dalam rapat perdana ini mengatakan bahwa Caroll dan Wenny kalau diperkenankan Tuhan masa jabatan sekitar 3 tahun setengah. Untuk itu kami berdua akan mempergunakan waktu yang singkat untuk merubah Kota Tomohon ini, dan perubahan itu tentu mulai dari torang, bapak ibu harus berubah terutama dalam pelayanan kepada masyarakat itu harapan kami.

Karena Kota Tomohon ini perlu perubahan, mulailah dari diri kita sendiri. Ada banyak hal yang harus torang buat seperti saya sudah sampaikan tadi dengan program dan vivi/misi dari kami, itu torang pe janji kepada masyarakat. Harus torang penuhi lebih cepat lebih baik.

Tentu harus ditopang oleh bapak/ibu. Mulai hari ini kerja, kerja dan kerja, kerjakan dengan apa yang sudah dipercayakan kepada bapak ibu. Sebagai ASN sebagai kepala skpd apapun tugas bapak ibu harus mengetahui tupoksi masing-masing, kerjakan apa yang menjadi tupoksi masing-masing.

Tetapi bukan berarti, oh tape kerja ini serta lia yang lain biar akang bukan tape kerja ini, koordinasi. Minta maaf selama ini dalam pengamatan kami kurang koordinasi antar setiap skpd jadi diharapkan harus ada saling koordinasi. Torang ini semua itu pelayan jadi tolong perhatikan baik-baik itu. Dalam pelaksanaan tugas dari bapak ibu , kami juga menyadari bahwa banyak hal mungkin dirasakan kadang-kadang ndak sesuai hati nurani oleh sebab itu kami harapkan jangan sampe ada babise pa kita laeng babise dengan pak pak Wenny laeng.

Saya dan pak Wenny ditugaskan di Tomohon ini dalam kebersamaan sampai dengan akhir masa jabatan. Bapak ibu sebagai asn, dalam tugas perubahan kepemimpinan itu biasa, tetapi tugas bapak ibu tetap harus sama sebagai seorang abdi negara. Jadi harapan kami tunjang terus tu program yang torang ada beking sesuai visi misi, torang harapkan kebersamaan ini.

Soal sebentar ada dengar-dengar oh ini mo, biasa juga kan. Bapak ibu mengalami itu rolling pejabat, biasa itu, dimana-mana itu biasa jadi apa yang kita kerjaa sekarang mangada jo (hadapi), ndak inga-inga eso kita taganti, kamana, tetap kerja jo. Itu katu kalu torang melayani tu masyarakat, ucapa Wali dengan dialeg Manado.

Selanjutnya Wawali Wenny Lumentut mengatakan pertama-tama kita bersyukur kepada Tuhan, selanjutnya ada satu yang kurang dalam perkenanlan tadi yaitu tempat tinggal dimana dan kalau tidak tinggal di Tomohon dievaluasi. Karena seorang pejabat tinggi di Tomohon harus tinggal di Tomohon, tidak boleh tinggal di luar Tomohon.

Saya dan pak Caroll akan bergandengan tangan untuk mengawal Kota Tomohon dalam rangka menuju kearah yang lebih baik, kami datang bukan untuk mencari-cari kesalahan, kami datang untuk melakukan hal-hal yang baik tentu dengan bapak dan ibu sekalian. Pak Caroll sempat sebutkan ada rolling dan semacamnya, dalam waktu dekat ini akan ada asessment esselon III, Esselon II tentu berdasarkan profesionalisme dan kompetensi. Tidak ada kebencian.

Sedangkan Tuhan Yesus mengampuni 70 x 7 x torang juga harus demikian.Kalu torang berkompeten lanjutkan tetapi kalau ada yang lebih baik torang rolling-rolling sadiki kase kesempatan orang lain, Io toh.

Kehadiran saya di Tomohon bukan sekedar ban reserev itu yang saya tegaskan dan tidak boleh ada kita dengar bilang pa Caroll laeng bilang pa kita laeng nah itu langsung torang ganti, itu perintah gubernur. Torang punya kerinduan bersama pak wali dan gubernur menjadikan Kota Tomohon lebih baik lagi.

Saya tidak menjelekkan penjabat lama, pemerintahan lama, banyak sudah yang dilakukan dengan baik-baik tetapi masih ada kurang-kurang sedikit torang beking, isi tu kurang kong beking lebih baik lagi.

Oleh sebab itu saya ingin tambahkan sedikit secara gambaran umum saja di tengah pandemi covid, instansi-2 terkait harus lebih betul betul fokus karena Tomohon Cuma Kota Kecil selalu ribut-ribut berita.

Saya mendapat laporan banyak kelurahan-kelurahan kosong sekarang ini harus diperhatikan karena instruksi mendagri sampai di tingkat kelurahan harus diperhatikan, tentu butuh kebersamaan torang samua yang jelas seluruh pejabat pejabat terkait torang monitor, ada lebih terinci akan dijalankan oleh pak sekda ada prinsip punisment & reward. Orang yang bekerja tentu torang hargai.

Sekali lagi ingin saya sampaikan bahwa torang datang ini bukan mencari-cari kesalahan yang lalu torang lupakan, tunjukkan kinerja yang baik untuk Kota Tomohon yang lebih baik kedepan. Kenapa karena dengan adanya sinergitas dengan propinsi Sulut, Pak Gubernur tidak segan-segan untuk mengucurkan anggaran, bantuan buat pemerintah Kota Tomohon.

Kalau tadi pak Caroll bilang kita di ruangan ini paling tua kita bajanji cuma satu periode tetapi kalau pak olly menugaskan saya, saya hanya mendengar perintah beliau. Kita datang bukan mo cari doi mo kaluar doi ada, tetapi saya paling tidak suka kalau hal-hal tidak baik didepan mata saya sendiri.

Kesepakatan kami untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. oleh sebab itu saya minta kepada selurah ASN melayani masyarakat, melakukan tupoksinya dengan sebaik mungkin. Saya kira tak perlu di perinci masing-masing sudah tahu.
Torang tidak perlu banyak dihormati, biasa-biasa saja kalau boleh tinggalkan itu warna warni mo warna merah kuning warna netral jo yang penting tu tupoksi asn dijalankan. Kita dapa berita di satu sekolah dulu kuning sekarang so merah yang putih jo yang penting abdi negara betul mengabdi pada negara mengabdi kepada masyarakat.

Saya ditugaskan oleh pak wali untuk mengawal pemerintahannya apapun yang sudah diputuskan oleh pak walikota saya tetap akan amankan tapi kalau ada hal-hal yang kurang berkenan saya temukan di bawah saya akan laporkan ke Pak wali karena sejujurnya kita pe atasan pa dia sesuai tupoksi wawali. Kami akan berjalan bergandengan tangan dari awal sampai akhir, itu komitmen kami. Jadi jalanilah apa yang ada. Secara terperinci nanti disampaikan penjabat sekda yang lebih mendetail. Pokoknya lakukan yang terbaik, tolong camat-camat lia itu kelurahan-kelurahan kosong-kosong itu kita mo ba jalan. Kalau kita temukan langsung kita usul ganti. Kta pe orang itu bagitu kita ndak suka, kita le so bilang pa gubernur bagitu, kedepan tunjangan torang perhatikan torang mo senae komang seluruh ASN maupun tenaga kontrak, bagaimana cara torang musti perhatikan kesejahteraan manusianya.

Tetapi kinerja harus ditingkatkan, nyanda ada itu baba stor pa torang pokoknya kerja yang baik, nyanda bilang itu da suruh ini da suru semua keputusan di pak wali, kalau ada ini dabilang ini da suru ini da suru kan ada grup pemkot supaya lebih fleksibel dan lebih mantap. Selamat bekerja mungkin ada asesmen dalam waktu ini untuk esselon II dan kepada tenaga kontrak. Dan di direksi perusahan daerah harus memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah.

Selanjutnya Pj Sekda Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP. M. Si dalam arahannya menegaskan apa yang telah disampaikan oleh Walikota dan Wakil Walikota kepada seluruh Jajaran Pemerintah Kota Tomohon yang pada intinya adalah mengedepankan totalitas pengabdian pada masyarakat dan pemerintah Kota Tomohon sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Rapat ini dihadiri oleh Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Camat, Dirut PD Pasar, Dirut PDAM dan Direktur RSUD Anugerah Tomohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.