Konsultasi  Publik Perubahan Rencana  Kerja Pemerintah Daerah (P-RKPD) Kota Tomohon Tahun 2021

Tomohon, nusantarainfo.net – Konsultasi  Publik Perubahan Rencana  Kerja Pemerintah DAERAH (P-RKPD) KOTA TOMOHON TAHUN 2021.Tempat, Zoom Meeting, 13/08/21.

Diikuti oleh Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dari Kediaman Walikota Kakaskasen dan Wakil Walikota Wenny Lumentut, SE dari Kediaman Wawali Kolongan.

Sambutan Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH mengatakan,  Perubahan RKPD dapat dilakukan apabila berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaannya menunjukkan.

Adanya ketidaksesuaian dengan perkembangan keadaan meliputi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi prioritas pembangunan daerah, kerangka ekonomi dan keuangan daerah, rencana program dan kegiatan rkpd berkenaan dan atau.

Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan.

Hingga saat ini kita masih diperhadapkan dengan pandemi covid-19, yang menyebabkan dampak terhadap perekonomian baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini menyebabkan adanya kebijakan refocusing dan realokasi anggaran untuk pencegahan dan percepatan penanganan covid-19 serta pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat terdampak. Kondisi ini berpengaruh terhadap pelaksanaan RKPD tahun berjalan yang menunjukkan perlunya penyesuaian terhadap perkembangan keadaan yang meliputi penyesuaian asumsi kerangka ekonomi dan pendanaan, termasuk perubahan indikator kinerja, target, lokasi, dan pagu kegiatan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka perlu dilakukan perubahan RKPD Kota Tomohon tahun 2021.

Perubahan RKPD Kota Tomohon 2021 ini merupakan penyesuaian awal terhadap dokumen perencanaan RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 yang merupakan penjabaran visi misi kami sebagai kepala daerah. Saya berharap rencana program dan kegiatan yang akan termuat dalam dokumen P-RKPD Kota Tomohon tahun 2021 nantinya harus bersinergi dengan tema, sasaran prioritas, rencana program dan aksi pembangunan yang disepakati, serta memperhatikan berbagai pokok-pokok pikiran dari stakeholder / pemangku kepentingan. Perangkat daerah diharapkan dapat mengakomodir usulan yang ada secara efektif, cermat, dan terencana dengan baik.

Hanya dengan komitmen dan kerjasama seluruh kelompok dan lapisan masyarakat, kita dapat mewujudkan Kota Tomohon yang lebih baik. Pemerintah Kota Tomohon tetap berupaya dalam percepatan penanganan masalah covid 19 ini karena sudah menjadi prioritas kami sebagai pimpinan daerah untuk mensejahterakan masyarakat Kota Tomohon. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Kota Tomohon saat ini yaitu memanfaatkan dana pusat terkait pemulihan ekonomi nasional (Dana PEN). Karena tujuan utama program pemulihan ekonomi nasional ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak covid-19 terhadap perekonomian sekaligus untuk percepatan pembangunan di Kota Tomohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.