Wenny Lumentut : Tagana Kota Tomohon Merupakan Ujung Tombak Penanganan Bencana

NusantaraInfo.net|| Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE, mengatakan Pemerintah Kota Tomohon menyambut baik disertai rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan ini, sebagai bagian dari upaya pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon untuk bersinergi dalam peningkatan kemampuan sigap dan tanggap bencana.

Hal ini dikatakan Wenny Lumentut mengutip sambutan Wali Kota Caroll Senduk SH, dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Pemantapan Tagana (Taruna siaga bencana) Kota Tomohon. Kamis (17/11), di Emera Hills, Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara.

“Dengan ditetapkannya relawan Tagana Kota Tomohon yang merupakan ujung tombak dalam penanganan bencana, tentu melalui kegiatan ini akan diberi pengetahuan teknis dan kemampuan operasional kepada seluruh relawan agar lebih profesional, berani, loyal, disiplin dan bertanggung jawab guna efektivitas dan efisiensi penanganan bencana,” ujar Wenny Lumentut

Lanjut Wenny, Pemerintah Kota berharap dengan dibekalinya pengetahuan kepada relawan Tagana saat ini, dampak negatif yang ditimbulkan oleh bencana akan lebih diminimalisir. Sehingga, tidak akan menyebabkan kerugian harta benda yang lebih banyak lagi ataupun sampai menimbulkan korban jiwa.

“Kepada seluruh peserta, diingatkan agar terus proaktif terhadap setiap peristiwa bencana yang terjadi untuk secara sigap dan tanggap melakukan penanganan bencana sesuai prosedur yang tepat dan cepat,” tandas Wenny Lumentut.

Kadis Sosial Daerah Kota Tomohon Thomly Lasut SH, mengatakan kegiatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Sosial RI No 29 Tahun 2012 tentang Tagana, diamanatkan bahwa untuk mendukung pelaksanaan perlindungan sosial dalam penanggulangan bencana diperlukan adanya Tagana dan setiap anggota di daerah wajib mengikuti pemantapan dasar Tagana.

Narasumber dalam kegiatan, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulut DR Zulkifli Golonggom MSi.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.