Digelar KEMENPAN-RB, Caroll Senduk Ikut Forum SPBE SUMMIT 2023 di Jakarta

NusantaraInfo.net|| Wali Kota Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH, didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan E-government Diskominfo, Gogen Ngantung, SE, mengikuti kegiatan Forum SPBE SUMMIT 2023. Senin (20/03/2023), di Kempinski Grand Ballroom Jakarta.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, dan diikuti oleh seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah, dengan tema ‘Sinergi untuk Indonesia Maju’.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, SPBE menjadi kunci untuk mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja pemerintah dalam melayani publik.

Dikatakan Anas, SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE.

“Dengan adanya SPBE Summit 2023, pembangunan layanan digital berbasis masyarakat (citizen centric) diharapkan segera terwujud. Selain itu, Tim Koordinasi SPBE diperkuat menjadi Digital Transformation Agent (DTA) guna memastikan manajemen perubahan dan operasional layanan digital,” ujar Anas

Disamping itu, tambah Anas, pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi.

“Antar-instansi pemerintah memperkuat konsolidasi aplikasi menjadi Platform Digital Terpadu, baik di internal maupun antar instansi pusat dan daerah,” ucap Anas

Diharapkan melalui pelaksanaan SPBE Summit 2023 dapat terciptanya penyederhanaan proses bisnis menuju tematik layanan digital, dan interoperabilitas Data dan Aplikasi melalui Pemanfaatan Arsitektur SPBE.

Turut hadir juga dalam acara ini Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan,  yang menyampaikan arahan-arahan strategis terkait SPBE. (***)

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.