Karel Lala : Akan Mengambil Sampel di Lima Peternakan Besar Untuk Memastikan Kondisi Terkini

NusantaraInfo.net|| Kota Tomohon masih terbilang bebas dari African Swine Fever (ASF), hingga Jumat (28/7/2027).

Dilansir dari berbagai sumber, AFS adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 % sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon, Karel Lala, mengatakan hingga saat ini ASF belum terdeteksi di Kota Tomohon sesuai hasil laboratorium dari Makassar yang diterima bulan Juni lalu.

Dia memastikan dalam waktu dekat akan segera melakukan pengambilan sampel dibeberapa peternakan yang ada untuk memastikan kondisi terkini, terlebih pada 5 peternakan babi terbesar yang ada di Kota Tomohon.

“Kami akan segera mengambil sampel dan akan mengirimnya ke pihak provinsi (Distakan Sulut) nanti mereka yang mengirimkan ke Labororium di Makassar,” ujarnya

Diungkapkannya, sampel yang nantinya akan diambil dan dikirim akan memakan waktu kurang dari seminggu hingga mendapatkan hasil apakah ada babi yang terinfeksi atau tidak.

“Selama menunggu hasil terbaru, kami terus melakukan pengawasan dan imbauan kepada peternak untuk menjalankan prosedur biosecurity dalam peternakan mereka dan dari pantauan kami mereka mematuhi hal tersebut,” tukas Karel Lala.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.