Caroll Bertemu Dubes Seycelles, Nico Sebut Negara Sahabat Tertarik Jalin Kerjasama

NusantaraInfo.net|| Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH, bertandang di Kedutaan Besar Seychelles di Jakarta. Kamis (15/09/2023), dan diterima langsung oleh Duta Besar Seychelles untuk Indonesia, Nico Barito yang juga merupakan utusan khusus Presiden Sechelles untuk negara-negara Asean.

Untuk diketahui, Dubes Nico adalah fasilitator atas kehadiran para Duta Besar dan perwakilan negara sahabat dalam kegiatan Tournament of Flower (ToF), Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2023 bulan Agustus yang lalu.

Pertemuan tersebut, untuk menindaklanjuti dan menjajaki kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Seychelles, salah satu negara kecil di Afrika yang berhasil dalam mengembangkan pariwisata sebagai sektor andalannya.

Dikesempatan tersebut, Dubes Nico Barito, mengungkapkan selain Seychelles ada beberapa negara yang tertarik untuk menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon terkait pengembangan pariwisata dan budidaya bunga yang merupakan primadona Kota Tomohon.

Sementara, Wali Kota Caroll Senduk mengatakan bahwa tindak lanjut dari pelaksanaan Tomohon International Flower Festival harus segera dilakukan antara lain dengan menjajaki kerjasama dengan negara-negara sahabat yang hadir dan berpartisipasi dalam TIFF 2023.

Menurutnya, sektor Pariwisata, Pertanian Organik dan Florikultura kedepan akan menjadi fokus perhatian dari Pemerintah Kota Tomohon.

“Sehingga sangat diharapkan peran serta dan dukungan dari semua pihak khususnya dimulai dari seluruh masyarakat Kota Tomohon,” kata Wali Kota

Dikesempatan tersebut, Wali Kota Caroll Senduk mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas segala dukungan dari Dubes Nico Barito bersama juga Gubernur Olly Dondokambey sehingga event TIFF 2023 dapat dihadiri oleh puluhan Duta Besar dan perwakilan negara sahabat.

Dalam waktu dekat ini, lewat koordinasi dengan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, kerjasama Pemerintah Kota Tomohon dengan Seychelles dan beberapa negara lainnya akan segera ditindaklanjuti.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.