Latsar CPNS 2023 Ditutup, Wali Kota : ASN Harus Memiliki Kemampuan dan Kualitas

NusantaraInfo.net|| Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH, melalui Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon Albert J Tulus, SH, menutup Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III tahun 2023. Rabu (25/10), di Ruang CAT BKPSDM Kota Tomohon.

Kaban BKPSDM Albert Tulus, saat mengutip sambutan Wali Kota Caroll Senduk, mengatakan dalam upaya menunjang kelancaran pembangunan, maka setiap aparatur sipil negara harus memiliki kemampuan dan kualitas, baik dari segi knowledge, skill dan attitude serta akan senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil dan merata.

“Untuk mendapatkan ASN sebagaimana disebutkan, maka perlu adanya proses pembinaan secara terus menerus melalui berbagai proses pendidikan dan pelatihan serta bentuk pengembangan kompetensi lainnya, yang dimulai sejak seseorang diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil,” katanya.

Dijelaskannya, Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil yang telah diubah dengan PP nomor 17 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil, pasal 34, menyebutkan bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun, dan masa percobaan itu disebut sebagai masa prajabatan yang dilakukan melalui proses pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi.

“Pelatihan dasar CPNS yang telah dilaksanakan selama 74 (tujuh puluh empat) hari yang lalu, merupakan implementasi dari amanat peraturan dimaksud yang tahun ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta, dan hanya boleh diikuti satu kali oleh setiap CPNS,” imbuhnya.

Lanjut dia, diharapkan CPNS dapat terus membuka dan memperluas wawasan berpikir dan bertindak, senantiasa menerapkan nilai-nilai aneka dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakatan dengan baik, benar dan tetap berdisiplin, menunjukkan perubahan sikap perilaku, mental dan etika sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada semua peserta latsar yang sudah mengikuti kegiatan dan dinyatakan lulus. Kalian semua adalah aset berharga pemerintah Kota Tomohon, yang sedang dinanti kontribusinya untuk membangun Kota Tomohon, dengan menciptakan terobosan-terobosan yang kreatif dan inovatif,” tukasnya.

Ditambahkannya, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Itara melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara atas kerjasama yang telah terjalin selama ini, sebagai mitra kerja pemerintah kota tomohon dalam melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi manajerial dan pelatihan dasar cpns yang semuanya telah berlangsung dengan baik.

“Taatilah segala kewajiban dan jauhi semua larangan sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan, agar kalian dapat diangkat sebagai PNS. Jadilah contoh dan teladan, pegang teguh disiplin dan loyalitas serta tingkatkan kinerja hargailah pekerjaan ini sebagai anugerah dan amanah dari Tuhan dengan berkarya dan melayani masyarakat dengan tulus ikhlas,” tandasnya.

Turut hadir, mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Dayaya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara Shinta Papua, ST, M. Si., Jajaran Pemkot Tomohon dan Seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Tomohon.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.