Pemkot Tomohon Raih Penghargaan Peduli HAM, Caroll Senduk Komitmen Junjung Tinggi HAM

NusantaraInfo.net|| Pemerintah Kota Tomohon menerima penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia dengan nilai 82,2, penghargaan diterima langsung Wali Kota Caroll Senduk, diserahkan Gubernur Sulawesi Utara Prof (HC) Dr (HC) Olly Dondokambey SE didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Dr Ronald Lumbuun SH MH, dilanjutkan penandatanganan nota kesepahaman.

Penghargaan ini diterima Wali Kota Caroll Senduk, saat menghadiri kegiatan Peringatan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia ke-75. Senin (11/12), di rung rapat C J Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Diketahui, penghargaan mengacu pada Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: M.HH-03.HA.02.01.01 Tahun 2023 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia, Pemerintah Kota Tomohon sebagai salah satu Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang telah mengimplementasikan norma dan kaedah Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dikesempatan tersebut mengatakan pihaknya berharap penghargaan yang diterima saat ini menjadi alat pemicu untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sosialisasi sadar hukum kepada masyarakat.

“Kesadaran HAM terus kita tingkatkan bahkan kesadaran hukum di Provinsi Sulut terus kita sosialisasikan, sehingga masyarakat merasa pemerintah hadir ditengah tengah masyarakat dan pastinya masyarakat akan sadar hukum,” kata Gubernur.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Dr Ronald Lumbuun SH MH, mengatakan penilaian dan penghargaan dilakukan dengan tujuan diantaranya mendorong pelaksanaan pelayanan publik berbasis HAM dalam hal ini wilayah pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Disisi lain, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk mengatakan penghargaan ini diraih tentu oleh karena adanya upaya kerja sama yang baik dari seluruh Jajaran Pemkot Tomohon dalam hal pelaksanaan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, yang tentunya juga terus berkomitmen dalam penegakan serta menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

“Adanya penghargaan ini tentu terus mendorong jajaran yang ada dalam hal kepedulian HAM dan peningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Wali Kota

Untuk diketahui, peringatan saat ini disertai dengan penyerahan piagam penghargaan Kabupaten/Kota peduli HAM,
pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Provinsi Sulawesi Utara, serta penandatanganan nota kesepahaman.

Tampak hadir, para Bupati/Walikota se Provinsi Sulawesi Utara.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.