Wali Kota Tomohon Caroll Senduk Kunjungan Langsung ke TPA Taratara

NusantaraInfo.net|| Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk SH, mengambil langkah konkret dalam menangani masalah sampah dengan melakukan kunjungan langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Taratara. Jumat (12/03). Dalam kunjungan tersebut, Caroll Senduk didampingi oleh sejumlah pejabat terkait, antara lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon John Kapoh, Asisten Satu Setdakot Tomohon Octavianus Mandagi, Sekretaris Kecamatan Tomohon Barat John Lonta, Kabid Bina Marga PUPR Tomohon Johnneedy Ering, serta para lurah se-Taratara Raya dan seluruh perangkat kelurahan dan linmas.

Selama kunjungan tersebut, mereka memantau secara langsung proses pembersihan sampah yang menghalangi akses jalan di sekitar TPA. Caroll Senduk juga menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kinerja dalam menangani masalah sampah di lokasi TPA, termasuk penataan ulang area pembuangan sampah agar lebih terorganisir.

“Kami akan lebih memaksimalkan kinerja untuk menangani sampah di TPA ini dan akan menata kembali area pembuangan sampah agar lebih teratur,” kata Caroll Senduk.

Dia juga mengimbau warga yang datang membuang sampah secara langsung di TPA agar tidak sembarangan meletakkan sampah guna menghindari penumpukan sampah yang mengganggu.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon John Kapoh mengatakan bahwa nantinya di lokasi TPA akan ada proses pemilahan sampah untuk memelinimalisir terjadinya penimbunan sampah.

Selain itu, salah satu warga yang ikut dalam kegiatan pembersihan, Vence Kalele, mengapresiasi kehadiran langsung Caroll Senduk dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk nyata dari keseriusan pemerintah dalam menangani masalah sampah.

“Ini bentuk kerja nyata dari pimpinan kota, mau melihat langsung lokasi dan menjawab setiap keluhan warga,” ujarnya.

Fernando Wilar, warga lainnya yang ikut dalam kegiatan pembersihan, menyatakan bahwa kehadiran mereka di TPA bertujuan untuk membersihkan dan memastikan kenyamanan para warga petani yang beraktivitas di sekitar lokasi TPA.

Saat ini, di lokasi TPA telah ditempatkan dua alat berat, yakni ekskavator dan loader, yang sedang aktif melakukan pembersihan sampah yang menumpuk di jalan. Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah kota dalam menangani masalah lingkungan demi kesejahteraan masyarakat Tomohon.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.