Sertifikasi Kerja di Momen Hardiknas, Pelajar SMK Tomohon Bardaya Saing

NusantaraInfo.net|| Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 menjadi momentum penting bagi pengembangan pendidikan di Kota Tomohon. Dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan, yaitu SMK Negeri 1 Tomohon dan SMK Swasta Kristen 1 Tomohon, memperoleh peluang emas untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui program Pemberian Kompetensi Tambahan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja Sekolah Menengah Kejuruan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 2 hingga 3 Mei 2024, di SMK Negeri 1 Tomohon. Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Widya Gayatri Dwi Putri S.Kom, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi amanat undang-undang terkait jasa konstruksi dan menciptakan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan berdaya saing.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH melalui Asisten 1 Setdakot Tomohon Octavianus Mandagi menyatakan apresiasi atas upaya Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar dalam mengembangkan kompetensi para pelajar, mempersiapkan mereka untuk dunia kerja yang profesional.

“Ini kesempatan emas kalian dan peluang kerja yang luar biasa. Jadikan, momen ini untuk mengembangkan keterampilan. Persiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja yang profesional dan terampil,” ujar Octavianus Mandagi mengutip sambutan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Kepala Sekolah SMK N 1 Tomohon Ainun Saleh menambahkan bahwa pelaksanaan kompetensi ini fokus pada jurusan Desain Pemodelan Industri Bangunan (DPIB), dengan partisipasi 20 pelajar dari SMKN 1 Tomohon dan 18 pelajar dari SMK Kristen 1 Tomohon.

“Diharapkan kelulusan mereka akan memberikan kontribusi positif di dunia kerja dan industri berkat standar nasional yang mereka capai melalui uji kompetensi,” imbuh Ainun.

Turut hadir, Kepala SMK Swasta Kristen 1 Tomohon Altje Liuw Spd, Kepala Dinas PUPR Kota Tomohon Royke Tangkawarow, jajaran Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, serta jajaran sekolah SMK Negeri 1 Tomohon.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.