Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Utara Mendorong Kesadaran Pencegahan Bencana dan Kebakaran

NusantaraInfo.net|| Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham (Kakanwil) Sulawesi Utara, John Batara, membuka kegiatan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana alam yang diselenggarakan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Sulut, serta pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran oleh Pemadam Kebakaran Kota Tomohon. Rabu (08/05), kegiatan ini digagas oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Tomohon.

Dalam sambutannya, Kakanwil John Batara mengungkapkan pentingnya kegiatan tersebut dalam melindungi dan memastikan keselamatan bagi pegawai dan anak binaan. Ia mengapresiasi tim Basarnas Sulut dan Damkar Kota Tomohon yang memberikan sosialisasi tentang langkah-langkah mitigasi bencana dan pemahaman tentang evakuasi dan pengamanan.

Menurut Kepala LPKA Tomohon, Heri Sulistyo, kegiatan ini bertujuan memberikan perlindungan dan keselamatan bagi semua pihak, terutama dalam menghadapi kompleksitas lingkungan dan situasi darurat yang memerlukan respons cepat dan efektif.

Kakanwil juga menekankan bahwa pemahaman mendalam dan persiapan matang diperlukan dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan kebakaran.

“Melalui acara ini, peserta diajak untuk mempelajari langkah-langkah mitigasi, strategi evakuasi, dan koordinasi antarpihak terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kakanwil John mengingatkan seluruh peserta untuk mengikuti dengan penuh perhatian materi yang disampaikan serta berpartisipasi aktif dalam simulasi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah implementasi nyata dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan dalam menghadapi situasi darurat.

Ia juga menekankan bahwa keamanan dan keselamatan merupakan tanggung jawab bersama, dan setiap individu memiliki peran penting dalam menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Plt. Kepala LPP Manado, Kepala Bagian Umum, perwakilan Kapolres Tomohon, perwakilan Kejaksaan Negeri Tomohon, perwakilan Dan Ramil Tomohon, Tim narasumber dari Basarnas Provinsi Sulawesi Utara dan Bidang Damkar Kota Tomohon, serta pegawai dan anak binaan LPKA.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.