Tingkatkan Good Governance, Wali Kota Caroll Dorong Fungsi Pengawasan

NusantaraInfo.net|| Pemerintah Kota Tomohon mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit Kinerja Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil serta Bidang Perizinan yang dilaksanakan di Mercure Manado Tateli Beach Resort. Senin (13/05), Acara ini dibuka secara resmi oleh Walikota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, SH.

Dalam sambutannya, Walikota Caroll menekankan pentingnya fungsi pengawasan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau Good Governance serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan pengawasan yang lebih efektif, diharapkan penyelenggaraan pemerintahan, kemasyarakatan, dan pembangunan akan berjalan lebih efektif dan efisien sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat,” ujar Caroll.

Beliau juga menambahkan bahwa pembinaan dan pengawasan sangat diperlukan untuk mendayagunakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas-tugas umum Pemerintah Daerah dan pembangunan daerah untuk terwujudnya visi dan misi kepala daerah.

Audit kinerja, menurut Walikota, merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) untuk pembinaan dan pengawasan kepada perangkat daerah. Melalui audit kinerja ini, APIP akan meningkatkan kompetensi dalam memberikan keyakinan memadai atas aspek 3E (Ekonomis, Efektivitas, Efisiensi), memberikan peringatan dini, meningkatkan efektivitas manajemen risiko, serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk pemenuhan Monitoring Center for Prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, yang berfokus pada audit kinerja berbasis risiko tahun 2024 dengan empat bidang audit kinerja: perizinan, kependudukan dan catatan sipil, pendidikan, dan kesehatan. Namun, saat ini fokus audit kinerja adalah pada bidang perizinan dan bidang kependudukan dan catatan sipil.

Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil serta Bidang Perizinan adalah bidang yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik. Oleh karena itu, diperlukan audit kinerja untuk menilai kepatuhan program/kegiatan terhadap peraturan terkait dan memastikan bahwa fungsi/program/kegiatan telah dilaksanakan secara efisien, efektif, dan ekonomis. Hasil dari audit ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan di Kota Tomohon, terutama pada sektor pelayanan publik.

Walikota Tomohon juga mengapresiasi Inspektorat Daerah Kota Tomohon yang telah mencapai level 3 pada penilaian kapabilitas APIP dan maturitas SPIP dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia pada tahun 2023. Ia mengingatkan agar ASN tidak cepat berpuas diri dengan capaian yang telah diraih, melainkan terus berusaha mempertahankan dan meningkatkan kinerja dan prestasi.

“Saya mengajak kepada kita semua, mari dengan upaya kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas, dengan cara kerja bersama dan bersama bekerja untuk Tomohon Hebat dengan bersinergi antara Pemerintah Kota Tomohon, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, serta Pemerintah pusat,” tutup Walikota Caroll.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia APIP pada Inspektorat Daerah Kota Tomohon untuk melaksanakan audit kinerja bidang perizinan dan bidang kependudukan dan pencatatan sipil dengan lebih baik.

Turut hadir, Sekretaris Daerah kota Tomohon Edwin Roring, SE ME, Mewakili Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sulawesi Utara Agus Hendraningrat Selaku Auditor Ahli Madya, Bersama Tim, Para Asisten Sekretaris Daerah kota Tomohon, Inspektur Daerah kota Tomohon Jeane Bolang, SH, MH, Jajaran Pemerintah kota Tomohon, Para Peserta Bimtek.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.