Peringatan Hari Lahir Pancasila di Tomohon, Menyatukan Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

NusantaraInfo.net|| Hari ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-79. Peringatan ini mengingatkan kita pada momen bersejarah ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya di depan sidang BPUPK pada tahun 1945.

Hal ini dikatakan Wali Kota Tomohon, saat membacakan sambutan dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri upacara peringatan yang digelar di lapangan Kantor Wali Kota. Sabtu (01/06). Upacara ini menandai pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa.

Dikesempatan tersebut, Wali Kota Tomohon menegaskan bahwa tema tahun ini, ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’, mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya adalah bintang yang memandu kehidupan bangsa, sesuai dengan cita-cita pendirian bangsa. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” ujar Wali Kota.

Wali Kota Tomohon mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah, sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia,” lanjut Wali Kota.

Wali Kota juga menyebut kemajuan teknologi komunikasi yang pesat sebagai tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya penggunaan teknologi dan smartphone harus dimanfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” tegasnya.

Wali Kota optimis bahwa tantangan global yang dihadapi Indonesia akan dapat diatasi dengan gotong royong seluruh anak bangsa dan ideologi Pancasila sebagai pondasi dasarnya. Dia juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global.

“Kita patut bersyukur bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutup Wali Kota.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.