APEKSI 2024, Keagungan Pakaian Kabasaran dari Tomohon Menyihir Penonton di Balikpapan

NusantaraInfo.net|| Kontingen Pemerintah Kota Tomohon ikut serta dalam Karnaval Budaya di gelaran Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Rabu (05/06), di seputaran Kantor Wali Kota Balikpapan. Keikutsertaan kontingen Pemkot Tomohon di Karnaval Budaya disambut antusias oleh masyarakat dan pengunjung yang hadir.

Dikesempatan tersebut, terlihat sejumlah pengunjung mengabadikan momen berharga itu bersama kontingen karnaval budaya Pemkot Tomohon yang tampil berbalutkan Seragam Kabasaran.

“Bagus yah? Rombongan dari mana ini? Oh Kota Tomohon. Seragamnya unik ada tarian yang identik juga,” kata Ratna salah satu pengunjung.

Sementara itu, Ketua Rombongan Karnaval Budaya Pemkot Tomohon Edwin Roring SE ME menyebut, pihaknya menyambut baik pelaksanaan Apeksi yang jadi ajang pertemuan seluruh pemerintah kota se-Indonesia.

“Wadah tukar pikiran, gagasan sekaligus momen untuk memperkenalkan masing-masing kebudayaan,” ujar Sekretaris Daerah Kota Tomohon ini.

Dikatakannya, dari sisi melestarikan budaya tentunya kita bisa tahu seperti apa kesenian dari Kota Bau-Bau, Madura dan masih banyak lagi. Ternyata banyak hal unik yang bisa dijumpai.

“Bangganya, kita mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan pengunjung,” ujarnya.

Untuk diketahui, ada sekira 80-an lebih rombongan karnaval yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut, di mana mereka tampil dengan performa khas menonjolkan kearifan lokal dan budaya masing-masing.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.