Basarnas dan Pemkot Tomohon Bersinergi dalam Pelatihan Penanggulangan Bencana

NusantaraInfo.net|| Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH, mengatakan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama, pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri dalam kerja-kerja kemanusiaan, ini semua membutuhkan kolaborasi dan sinergitas bagi semua elemen pemerintah dan stakeholder kebencanaan lainnya termasuk peran serta masyarakat.

Hal ini dikatakan Caroll Senduk saat menghadiri pembukaan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat bidang pencarian dan pertolongan yang dilaksanakan oleh Basarnas Republik Indonesia di Kota Tomohon. Kamis (11/07), di Gedung pertemuan RINDAM XIII/Merdeka Kota Tomohon.

Lanjut Wali Kota, oleh karena itu kegiatan-kegiatan seperti ini sangat membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan pelayanan publik khususnya dalam hal pelayanan penanggulangan bencana di Kota Tomohon. Dari indeks risiko bencana Kota Tomohon s/d tahun 2023 dalam hal jenis bencana secara umum berada pada tingkat risiko sedang, khusus untuk bencana gunung berapi kota Tomohon berada pada tingkat risiko tinggi, karena terdapat dua gunung berapi aktif (lokon dan mahawu) dalam wilayah pemerintah kota Tomohon.

Ditambahkannya, membangun sinergitas dan memperkuat koordinasi seluruh sektor pentahelix yaitu Pemerintah, dunia usaha, akademisi, media dan seluruh lapisan masyarakat, serta membangun sistem sampai di tingkat paling bawah yaitu tingkat lingkungan diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kebencanaan yang merupakan harapan kita semua.

“Kepada seluruh peserta yang mendapat kesempatan saat ini agar dapat menjadi pioner-pioner pelayanan kebencanaan khususnya dalam hal pencarian dan pertolongan baik bagi keselamatan diri kita sendiri serta menyelamatkan orang lain yang berada dalam kondisi berbahaya atau yang membutuhkan pertolongan kita,” ungkapnya.

Dikesempatan tersebut, Walikota Tomohon Caroll Senduk membuka kegiatan secara resmi, dan dilanjutkan dengan Simulasi evakuasi warga yang terlena dampak erupsi gunung Lokon, kemudian setelah simulasi ditutup secara resmi oleh Direktur Bina Potensi Basarnas Agus Haryono, SS, MBA.,

Tampak hadir, Danrindam 13 Merdeka Kolonel Infantri Ahmad Marzuki, Mewakili Gubernur Sulawesi Utara Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Utara Ir. Adolf Tumengker, Kepala kantor SAR Manado George L.M Randang, S.IP.,M.AP., Kepala BPGMBGT Sulawesi Maluku Juliana Rumambi ST, mewakili Kapolres Tomohon Kabag OPS Polres Tomohon AKP Erwin Mantiri SH, MH, mewakili Dandim 1302 Minahasa Pabung Mayor CBA Novel Marijan,mewakil Kajari Tomohon Serina Sandita Pakaja SH, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan Seluruh peserta kegiatan.

Adi

Leave a Reply

Your email address will not be published.